Iklan

Jumat, 10 Juni 2011

Windows XP tidak dikenali Bootloader Windows 7 !!!



2 hari yang lalu aq coba install ulang kompie-q dengan dualboot OS pada 2 harddisk yang berbeda dalam satu kompie. Pada hari pertama secara random aq install windows 7 terlebih dahulu di harddisk pertama lanjut dengan semua driver hardware dan software yang aq perluin dan hasilnya semua berjalan lancar seperti harapan. Setelah itu aq lanjut install Windows XP Profesional di harddisk kedua dan alhamdulillah semua hardware terdeteksi drivernya dan hasilnya semua berjalan sesuai harapan juga.. ALHAMDULILLAH…… :-) . Habis tuh aq matiin nieh kompie karena kebetulan da gawean di luar…
Hari kedua, kebetulan ada gawean mo nulis sesuatu di microsoft office aq nyalain kompie-q….
Akhirnya langsung masuk di Windows XP Profesional, setelah beberapa jam make kompie aq baru sadar kalo tadi pas pertama nyala kaya’ g ada Boot loader pilihan yang biasane muncul kalo ada dualboot OS-nya. Makane aq coba restart lagi nieh kompie… Eh beneran emang langsung masuk di Windows XP Profesional tanpa lewat boot loader padahala di kompie ini ada 2 Operating System (Windows 7 dan Windows XP Profesional).
OH Tiiiiddaaaaaakkkkk…….. Apa yang terjadi..????????? :-D

Akhirnya aq coba googling, eh ternyata nemu juga jawabane… :-)
Masalahnya adalah setelah windows XP diinstall (setelah windows7) maka bootloader dari windows 7 akan tertimpa oleh bootloader dari windows XP, hal ini menyebabkan saat computer di restart di bootingnya langsung masuk ke loader dari windows XP. Padahal sebenarnya di computer tersebut terdapat system operasi windows 7 juga selain XP. Lain halnya kalau yang terinstal pertama adalah windows XP dan yang selanjutnya adalah windows 7 atau vista. Bootloader dari windows XP tidak akan hilang, karena bootloader dari windows XP terdeteksi oleh OS yang baru, yaitu windows 7 atau vista.(selengkapnya cara dual boot windows xp dan windows 7 dengan windows xp terinstal pertama). Sebenarnya simpel seh cara penanganannya…. begini nieh cara buat atasi masalah di atas…
Restore Bootloader Windows 7.
  1. Masukan DVD bootable windows 7 ke DVD room, seperti saat mau menginstall system operasi.
  2. Tampilan awal
  3. Setelah proses pencarian system operasi, akan muncul tampilan dari system recovery option, yaitu mendeteksi system operasi yang ada dalam computer kamu, pilih Next >>.
  4. Langkah ketiga
  5. Setelah itu akan muncul beberapa menu repair, untuk mengembalikan bootloader pilih ‘Status Repair’, dan tunggu hasilnya,,jika sudah selesai, klik tombol restart dan pada saat booting maka akan masuk ke windows 7.
  6. Langkah keempat
Zip-Up folder C:\Windows\Boot\.
Login ke Windows 7 lalu cari C:\Windows\Boot\ kemudian Zip-Up folder tersebut.
Ekstrak folder Zip-Up
Ekstrak folder zip tersebut ke lokasi yang sama pada folder Windows XP qm. (Sekarang harusnya di drive Windows XP memiliki C:\Windows\Boot juga).

Sekian moga bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar